Skip to main content

Cara Mempercepat Belajar Bahasa Inggris




Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di berbagai negara terutama negara dibenua eropa. Penting belajar bahasa inggris karena bahasa Inggris dapat membantu anda berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun terutama sekali ketika anda ingin berbicara dengan orang asing yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Selain itu menguasai bahasa inggris juga dapat memudahkan anda untuk mencari pekerjaan baik didalam negeri maupun diluar negeri. Untuk itu beberapa tips yang dapat membantu anda dalam belajar bahasa inggris yang dirangkum sebagai berikut:
1.Niat
   Segala sesuatu yang kita kerjakan atau kita lakukan harus didahului dengan niat, apapun itu termasuk dalam hal belajar. Bahasa inggris akan kita kuasai dengan cepat tergantung seberapa besar niat anda untuk mempelajarinya, 10%, 20% bahkan 100% itu semua tergantung dari diri sendiri. Contoh kecilnya adalah dengan membuat jadwal belajar harian dengan durasi 30 menit setiap hari. Dan jangan lupa berdoa sebelum memulai belajar. 

2.Vocabulary
   Perbanyak kosakata dengan cara menulis seberapa banyak kosakata yang anda ketahui selama ini. Hal ini dapat membantu anda mengetahui serta mengukur tingkat pengetahuan bahasa inggris anda sebelum masuk ketahap belajar bahasa inggris berikutnya. 

3.Label 
  Yang kami maksudkan label dalam tulisan ini adalah dengan cara anda menandai semua barang-barang sekitar anda terutama barang-barang pribadi anda yang ada dirumah ataupun kamar menggunakan bahasa inggris. Hal ini bertujuan memperkuat daya ingat anda serta memperkaya kosakata baru dalam bahasa inggris.

4.Musik
  Buat anda yang punya hobi mendengarkan musik tidak ada salahnya memanfaatkan musik sebagai media yang dapat membantu anda belajar bahasa inggris. Dengarkan lagu-lagu berbahasa inggris serta cari tahu maksud dari lagu tersebut dengan mentranslate lirik lagu tersebut kedalam bahasa indonesia sehingga anda mengetahui arti lagu tersebut.

5.Menonton
   Selain mendengarkan musik berbahasa inggris, menonton film-film berbahasa inggris juga sangat membantu anda menguasai bahasa inggris dengan cepat. Usahakan menonton film tersebut tanpa ada subtittle bahasa indonesia-nya karena hal tersebut dapat membuat fokus anda hanya ke teks bahasa indonesia. Carilah film yang tidak menggunakan subtittle indonesia-nya karena anda akan menemukan kata ataupun kalimat baru untuk memperbaiki skill bahasa inggris anda. Anda dapat menggunakan youtube untuk referensi pencarian film yang bisa improve bahasa inggris anda. 

6.Membaca
  Membaca merupakan hal yang paling penting dalam belajar bahasa inggris. Banyak orang yang gagal dalam belajar bahasa inggris karena malas membaca. Anda harus ingat belajar bahasa inggris adalah proses yang tidak mudah ketika anda merasa malas dan bosan selalu ingat dengan tujuan utama anda mengapa belajar bahasa inggris! Mulailah membaca kamus atau buku-buku yang berhubungan dengan bahasa inggris secara rutin dan apabila terdapat kata baru atau kalimat yang belum anda ketahui sebelumnya cobalah untuk menerjemahkan kedalam bahasa indonesia.

7.Menulis
  Mulailah menulis hal-hal yang paling anda sukai dengan menggunakan bahasa inggris seperti menulis kegiatan sehari-hari anda dari bangun pagi hingga tidur dimalam harinya. Sederhananya adalah anda bisa menulis caption, story ataupun opini singkat dimedia sosial seperti twitter, instagram, facebook, whatsapp dll.

8.Berbicara
  Kemampuan untuk mengukur seberapa jauh penguasaan bahasa inggris anda adalah dengan berbicara, mulailah memberanikan diri berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Anda dapat berbicara dengan guru bahasa inggris anda disekolah atau teman-teman dilingkungan sekitar anda atau bahkan anda dapat berbicara dengan diri anda sendiri. Jika lingkungan tidak mendukung anda untuk berbicara bahasa inggris buat lingkungan anda sendiri dengan berbicara didepan cermin. Walaupun hal ini aneh tetapi hal ini merupakan salah satu opsi terbaik untuk anda praktekkan. 

9.Aplikasi
 Manfaatkan ponsel anda sebagai media yang dapat membantu anda meningkatkan penguasaan bahasa inggris anda. Anda dapat mendownload beberapa aplikasi gratis yang membantu anda dalam belajar bahasa inggris, seperti aplikasi duolingo dan U-dictionary.

10.Media Sosial dan Website
   Selain aplikasi anda juga dapat belajar bahasa inggris melalui media sosial dan website. Gunakan media soial secara bijak dengan menjadikannya sebagai wadah anda menambah ilmu. Anda dapat mengkuti beberapa akun media sosial yang berkaitan dengan belajar bahasa inggris baik itu di twitter, instagram ataupun facebook. Ada banyak sekali website yang dapat anda akses untuk memudahkan anda belajar bahasa inggris seperti www.INGGRIS PUZZLE dan wwww.TED.COM. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba bagi anda yang ingin menguasai bahasa inggris. Terima kasih telah membaca artikel ini. 

     Sebenarnya kunci dari belajar apapun itu termasuk belajar bahasa inggris adalah konsiten,disiplin serta yang paling penting praktek, Selamat mencoba 10 Jurus ampuh taklukan bahasa inggris diatas. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga apa yang anda cita-citakan dapat segera terwujud. Tetap semangat dan teruslah berusaha

Comments