Skip to main content

Contoh abstrak karya tulis ilmiah tema revolusi industri 4.0

PERAN KURIKULUM 2013 REVISI SEBAGAI BAHAN PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Oleh : 1. Indria Rohmayanti 
          2. Lafi Dliyais Sa’idah

MAN 4 JOMBANG
Jl. KH Bisri Syansuri No.21 Denanyar Jombang

Kurikulum 2013 merupakan metode pembelajaran yang memiliki empat aspek penilaian yaitu pengetahuan, ketrampilan, sosial, dan spiritual. Penerapan metode kurikulum k13 ini tidak merata. Tidak sedikit sekolah yang belum menerapkan kurikulum ini, dengan alasan yang berbeda-beda. Salah satu alasan mereka adalah materi yang diberikan kepada siswa-siswi tidak sesuai dengan kemampuan mereka. K13 lebih mengutamakan terhadap keaktifan dan kekreativitasan siswa-siswi. Sedangkan dari siswa-siswi itu sendiri, mereka merasa kesulitan terhadap materi yang disampaikan.
Disini kami akan menguji ulang penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Angelo Abil Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan penelitiannya yang berjudul “Optimalisasi Penyelenggaraaan Kurikulum 2013 SMA Untuk Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Revolusi Industri Keempat” (2018). Kurikulum 2013 revisi adalah kurikulum 2013 yang mengalami perubahan yang rencananya akan diberlakukan pada tahun pelajaran 2018/2019. Melalui kurikulum 2013 revisi itu kami akan melakukan penelitian bagaimana dampak yang akan terjadi di era revolusi industri 4.0 ini dalam aspek pendidikan.
Kami melakukan pengujian terhadap penelitian terdahulu dengan menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Dimana nantinya penelitian ini melihat berbagai aspek subjektif dari perilaku objek. Data yang diperoleh melalui observasi secara langsung akan ditelaah dan dituangkan dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Kata kunci : revolusi industri 4.0, kurikulum 2013 revisi, Sumber daya manusia

Comments