Skip to main content

Pencak Silat

PENCAK SILAT
Pagar nusa adalah salah satu wadah yang sah bagi organisasi pencak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama’ (NU) berdasarkan keputusan muktamar. Organisasi iniberstatus lembaga milik Nahdlatul Ulama’ (NU) yang penyelenggaraannya dan pertanggungjawabannya sama seperti lembaga-lembaga Nahdlatul Ulama’ lainnya. Nama lengkap organisasi ini adalah Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa dapat disingkat IPSNU Pagar Nusa. Status resmi kelembagaan inilah yang menjadikan pagar nusa wajib untuk dilestarikan dan dikembangkan oleh seluruh warga NU dengan mengecualikan pencak silat dan beladiri lainnya. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pencak silat dan beladiri dengan segala aspeknya dari fisik sampai mental, dari pendidikan sampai sistem pengamanan dan lain-lain merupakan bidang garapan lembaga ini.
Sebagai organisasi, pagar nusa pastinya memiliki visi dan misi agar dapat menjalankan rumah tangganya dengan baik dan terarah. Visi dan misi pagar nusa ber-aqidah ala ahlusunnah wal jama’ah dengan asas organisasi pancasila. Pagar nusa mengusahakan :
1.Berlakunya ajaran Islam berhaluan ahlusunnah wal jama’ah di tengah-tengah kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ber-pancasila.
2.Pelestarian, pembinaan dan pengembangan pencak silat baik beladiri, seni, mental spiritual maupun olahraga/kesehatan khususnya di lingkungan NU maupun di lingkungan warga bangsa lain pada umumnya.
Setelah mengetahui pengertian pagar nusa tersebut, alangkah baiknya kita juga mengetahui pengertian organisasi yang mana menjadi dasar pengertian pagar nusa sendiri sebagai suatu organisasi yang terstruktur dalam lembaga otonom Nahdlatul Ulama’.
Pengertian organisasi secara umum adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisir, terpimpin dan terkendali yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Richard T. Schaefer, organisasi adalah sebuah kelompok yang di bentuk untuk tujuan khusus dan disusun untuk efisiensi maksimal. Organisasi sendiri dipelajari dalam ilmu-ilmu sosial terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi, perilaku organisasi atau analisis organisasi.
Dari pengertian organisasi tersebut dapat kita tarik sebuah pengertian tersendiri untuk pagar nusa, bahwasannya pagar nusa adalah sebuah organisasi yang Islami, organisasi pencak silat yang menghasilkan pesilat-pesilat yang Islami dan menjunjung tinggi ajaran ahlusunnah wal jama’ah. Bisa diberikan kesimpulan bahwasannya organisasi yang Islami sangatlah penting selain melatih bersosialisasi, berinteraksi dengan orang lain dan bekerja sama melalui sebuah kelompok, bermanfaat sebagai tempat menanamkan aqidah dan akhlak yang Islami di setiap kegiatan-kegiatan organisasi Islami tersebut.

Comments